Home » » Teknik KOmputer JAringan

Teknik KOmputer JAringan

TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri.

Jadi intinya bagi kalian yang akan segera lulus dari SMP masuklah ke SMK dengan jurusan TKJ.

Keunggulan TKJ

1. Dari Segi Pendidikan
    a. Mudah dipahami (bila giat beljar)
    b. Dapat memperdalam Jurusan lain terutama cabang ilmu IT yang lain
    c.  Merubakan Basic dari Ilmu IT (komputer)
    d.  Menjdai Jurusan yang memperdalam ilmu Teknologi, baik software maupun hadware
2. Dari Segi Pekaerjaan
    a. Dapat Menjadi Seoramng Ahli IT
    b. Dapat Membuka usaha jaringan (exp:warnet)
    c. Dapat Melanjutkan kuliah dengan jurusan berbeda
    e. dll

PELAJARAN KEJURUAN:
1. Analog: ini adalah pelajaran kejuruan. disini kita mempelajari mengenai sistem analog, kelistrikan, bilangan biner, mengukur kuat arus, rangkain-rangkaian dasar (kami lsg praktekkan) dsb.

2. Basic System Operating: disini kita belajar mengenai OS yang dapat menghidupkan, mengakomodir, menjalankan, mengkoordinasi hardware-hardware dalam komputer. pada tahap ini kita dikenalkan pada sejarah OS, Jenis-Jenis OS, mengenal perintah di OS. dan media OS yang digunakan biasanya adalah OS berbasis text seperti Windows 95, Windows 98 dsb. untuk linux, biasanya menggunakan ubuntu server.

3. Sistem Operasi Jaringan : disini kita akan mengelolah SO untuk khusus jaringan dan menjadi seorang Administrator Jaringan


4. Merakit komputer: kita diajari untuk merakit komputer. sebelumnya dikenalkan terlebih dahulu mengenai hardware-hardware komputer dan cara/fungsi kerjanya.

5. Perawatan PC: selain merakit, kita juga akan diajari bagaimana perawatan PC yang baik dan benar baik itu dari segi perangkat lunak nya hingga perangkat kerasnya. Kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang tools dan alat-alat untuk merawat dan membersihkan PC.

6. Periferal PC: mengenalkan apa-apa saja peralatan atau lebih tepatnya hardware yang ada pada PC dan juga hardware pendukung performa PC agar dapat lebih 'berkelas', awet dan mempunyai fasilitas/performa yang mumpuni.

7. LAN : pelajaran basic dari jaringan ini wajib dikuasiai sebelum ke materi lanjut di kelas XII

8.  Administrasi Jaringan : kita kan belajar mengkonfigurasi layaknya seorang yang kan menjadi admin dan pembuathak akses jaringan





Prosesi Perakitan PC dan torible Shooting PC
Administrasi Server dan Instalasi Komputer


Perlangkapan PC Labor TKJ

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Facebook | Twtitter | Google+
Copyright © 2015. SMK YAPIM SIAK HULU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger